Nasrudin dan Tiga Orang Bijak

Pada suatu hari ada tiga orang bijak yang pergi berkeliling negeri untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mendesak. Sampailah mereka pada suatu hari di desa Nasrudin. Orang-orang desa ini menyodorkan Nasrudin sebagai wakil orang-orang yang bijak di desa tersebut. Nasrudin dipaksa berhadapan dengan tiga orang bijak itu dan di sekeliling mereka berkumpullah orang-orang desa menonton mereka bicara.
Orang bijak pertama bertanya kepada Nasrudin, ”Di mana sebenarnya pusat bumi ini?”


Nasrudin menjawab, ”Tepat di bawah telapak kaki saya, saudara.”
”Bagaimana bisa saudara buktikan hal itu?” tanya orang bijak pertama tadi.
”Kalau tidak percaya,” jawab Nasrudin, ”Ukur saja sendiri.”
Orang bijak yang pertama diam tak bisa menjawab.
Tiba giliran orang bijak kedua mengajukan pertanyaan. ”Berapa banyak jumlah bintang yang ada di langit?”
Nasrudin menjawab, ”Bintang-bintang yang ada di langit itu jumlahnya sama dengan rambut yang tumbuh di keledai saya ini.”

”Bagaimana saudara bisa membuktikan hal itu?”
Nasrudin menjawab, ”Nah, kalau tidak percaya, hitung saja rambut yang ada di keledai itu, dan nanti saudara akan tahu kebenarannya.”
”Itu sih bicara goblok-goblokan,” tanya orang bijak kedua, ”Bagaimana orang bisa menghitung bulu keledai.”
Nasrudin pun menjawab, ”Nah, kalau saya goblok, kenapa Anda juga mengajukan pertanyaan itu, bagaimana orang bisa menghitung bintang di langit?”
Mendengar jawaban itu, si bijak kedua itu pun tidak bisa melanjutkan.
Sekarang tampillah orang bijak ketiga yang katanya paling bijak di antara mereka. Ia agak terganggu oleh kecerdikan nasrudin dan dengan ketus bertanya, ”Tampaknya saudara tahu banyak mengenai keledai, tapi coba saudara katakan kepada saya berapa jumlah bulu yang ada pada ekor keledai itu.” ”Saya tahu jumlahnya,” jawab Nasrudin, ”Jumlah bulu yang ada pada ekor kelesai saya ini sama dengan jumlah rambut di janggut Saudara.”
”Bagaimana Anda bisa membuktikan hal itu?” tanyanya lagi. ”Oh, kalau yang itu sih mudah. Begini, Saudara mencabut selembar bulu dari ekor keledai saya, dan kemudian saya mencabut sehelai rambut dari janggut saudara. Nah, kalau sama, maka apa yang saya katakan itu benar, tetapi kalau tidak, saya keliru.”
Tentu saja orang bijak yang ketiga itu tidak mau menerima cara menghitung seperti itu. Dan orang-orang desa yang mengelilingi mereka itu semakin yakin Nasrudin adalah yang terbijak di antara keempat orang tersebut. (dari buku humor sufi II terbitan Pustaka Firdaus)

Popularity: 16% [?]

Incoming search terms:

44 thoughts on “Nasrudin dan Tiga Orang Bijak

  1. meyra

    semoga bermanfaat juga buat temen-temen yang baca…..,Alhamdulillah sangat inspitatif.
    Makasih ya & sukes selalu
    SHOW MUST GO ON

  2. rahmat

    semoga semakin banyak orang islam indonesia yg membuka situs2 islam seperti ini, terima kasih saudarau semoga Allah membalas seua jasa dan amalmu. Amin…

  3. rahmat

    daripada membuka situs2 porno yg ga ada gunanya….
    Saya hanya membayangkan kapan kita di panggil oleh yg Maha Kuasa, apakah kita sudah siap.

  4. Asepm

    Aduh Nasrudin yang ada di tokoh ini mengingatkan akan teman saya waktu sekolah di Cirebon…..tak kurang dan tak lebih namanya sama….begitu juga cara pemikirannya….persis sama dengan tokoh Nasrudin dalam cerita ini….

    Tapi Nasrudin emang enak buat jadi teman……apalagi bila dengar cerita-ceritanya….

    Nasrudin…Nasrudin…..

  5. rvan

    ass.wr.wb
    saya izin untuk link blognya yahhh.. bagus bgt… wassalam

  6. leni

    Ceritanya kok buat aku juga bingung ding…tapi numpang izin mau ngopi juga ya….makaciii…

  7. Asfiya

    blognya bagus nie,,,
    smoga bisa jd inspirasi jg bagi yg lain, untuk slalu memberi manfaat bagi manusia lain! aamiin…

  8. Buya Hanum

    Salam Kenal aja…, boleh jadi kisah-kisah yg ditampilkan memberi inspirasi, bagi pembacanya.

  9. dean

    salam, bagus nih…boleh saya link blognya? sekalian beberapa artikelnya yah…itung-itung sebar dakwah, amin…
    wassalam

  10. wahid fathoni

    salam kenal
    Saya sangant suka dan haus akan cerita certia “islami” dan kisah ataupun biografi tokoh-tokoh islam. sehingga saya sering menyalin cerita ataupun kisah tersebut tidak terkecuali dari situs ini. untuk itu saya minta ijin untuk meenyalin isi yang saya butuhkan.
    trimakasih. kita semoga tetap istiqomah dijalan Alloh SWT

  11. zep

    Mass blog’y bagus, artikel’y bagus mas. mohon bingbingan’y donk.

    lam kenal dari zep

    makasih banyak

  12. Nana

    saya ijin meng copy ya…
    kan dapat pahala kalo menyebarkan kebaikan
    thank before

  13. tanmalaka

    i can’t tell anything…. there’s a ton of lesson to be learned from kisah.web.id
    thanks to share everything
    keep alive islam!

  14. fathir

    Nasrudin, kadang orang paling bodoh, kadang orang paling pintar… tapi ceritanya bagus-bagus.. lucu penuh makna…

  15. adi aja

    bagus mas secara keseluruhan…namun alangkah baiknya kalo ada intisari hikmah tersebut dan apa yg dapat di ambil hikmah dari cerita tersebut,jadi tidak hanya skedar cerita aja tapi memang benar2 cerita yg ada hikmahnxa,smangat mas,salam kenal smuanxa,hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image