Kisah.web.id

Kisah-kisah teladan dari Nabi dan Rosul, sahabat-sahabat Rosulullah saw, tabi’in, tabi’ut tabi’in, serta imam dan orang-orang sholeh pada akhir jaman yang mengikuti jejak Rosulullah saw. berdasar Al Qur’an dan As Sunnah

Ad Unit (Iklan) BIG

Niat Puasa Idul Adha dan Puasa Arafah: Menguatkan Iman dan Mendapatkan Keberkahan


Puasa Idul Adha dan Puasa Arafah

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan ini, kami akan membahas niat puasa Idul Adha dan puasa Arafah, dua ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Puasa Idul Adha dilaksanakan pada hari raya Idul Adha, sementara puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum hari raya Idul Adha. Kedua puasa ini memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri bagi umat Muslim.


1. Puasa Idul Adha 🐑


Puasa Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah, yang juga merupakan hari raya Idul Adha. Puasa ini dilakukan sebagai ungkapan syukur atas keberkahan kurban yang dilakukan pada hari yang sama. Berikut adalah niat puasa Idul Adha:


Niat Puasa Idul Adha:


أُصِلِّيْ سَوْمَ غَدٍ عَنْ قُرْبَةٍ إِلَى اللهِ تَعَالَى


"Ushallī sōma ghadin 'an qurbatin ilallāhi ta'ālā."


Artinya: "Aku niat berpuasa esok hari karena mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Tinggi."


2. Puasa Arafah 🕋


Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum hari raya Idul Adha. Puasa ini memiliki keutamaan yang besar, di antaranya menghapuskan dosa-dosa setahun sebelumnya dan memberikan kesempatan untuk memperoleh ampunan Allah. Berikut adalah niat puasa Arafah:


Niat Puasa Arafah:


أُصِلِّيْ سَوْمَ عَرَفَةَ اَلْحَقِّ مُقِرًّا لِلّهِ تَعَالَى


"Ushallī sōma 'arafata alhaqqi muqirran lillāhi ta'ālā."


Artinya: "Aku niat berpuasa hari Arafah dengan sungguh-sungguh karena Allah Yang Maha Tinggi."


Catatan Penting:


  • Puasa Idul Adha dan puasa Arafah adalah sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.
  • Puasa Arafah memiliki keutamaan yang besar, namun bagi yang melaksanakan ibadah haji, puasa ini tidak dianjurkan.
  • Pastikan untuk berdoa dan berzikir selama puasa, serta menggunakan waktu dengan beribadah dan memperbanyak amal saleh.



"Puasa Idul Adha dan puasa Arafah merupakan kesempatan berharga bagi umat Muslim untuk memperoleh keberkahan dan menguatkan ikatan spiritual dengan Allah. Melaksanakan niat puasa dengan sungguh-sungguh akan membawa keberkahan dalam hidup kita."

Related Posts

Subscribe Our Newsletter